A. Pengertian
E-Government adalah singkatan dari elektronik pemerintah. E-Governtment biasa dikenal e-gov,pemerintah digital, online
pemerintah atau pemerintah transformasi. E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan
kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan
proses kerja di lingkungan. pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi.
Ada empat model pengiriman E-Government,
antara lain :
1.
Government-to-Customer (G2C)
2.
Government-to-Business (G2B)
3.
Government-to-Government (G2G)
4.
Government-to-Employe (G2E)
E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi
oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan
bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government
dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk
meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses
kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah
Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business
(G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan
dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas
yang lebih baik dari pelayanan publik.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari dibangunnya E-Government itu adalah pembentukan jaringan dan transaksi layanan public yang tidak dibatasi sekat waktu dan lokasi, serta dengan biaya yang terjangkau masyarakat.
Secara umum, penerapan e-Government di berbagai negara yang dikaji mempunyai tujuan sebagai berikut:
1. Meningkatkan kualitas layanan masyarakat, terutama dalam
hal mempercepat proses dan mempermudah akses interaksi masyarakat;
2. Meningkatkan transparansi pemerintahan dengan memperbanyak
akses informasi public;
3. Meningkatkan pertanggungjawaban pemerintah dengan
menyediakan lebih banyak pelayanan dan informasi, serta menyediakan kanal akses
baru kepada masyarakat;
4. Mengurangi waktu, uang, dan sumber daya lain, baik di sisi
pemerintah maupun pihak-pihak yang terlibat dengan memperpendek proses
pemberian layanan.
1. Membuat mudah bagi setiap warga negara memperoleh
pelayanan dan interaksi dengan pemerintahnya, memperbaiki efisien, efektivitas dan memperbaiki tanggapan/tanggungjawab sistem pemerintahan kepada
warga negaranya.
Selanjutnya akan memberikan value, seperti : penyederhanaan
pelayanan, menghilangkan lapisan-lapisan pelayanan, memungkinkan semua warga
negara memperoleh informasi dan pelayanan lebih mudah, meringkas transaksi
melalui integrasi sistem pemerintahan dan aliran operasional sistem
pemerintahan dapat dilakukan lebih cepat.
2. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat ,
memperbaiki proses keterbukaan dan akuntabilitas di lingkungan pemerintahan ,
mereduksi biaya transaksi, terjadi komunikasi dan interaksi pada proses
pemerintahan dan menciptakan masyarakat berbasis komunitas informasi yang lebih
berkualitas.
3. Pemerintah tidak tertutup dengan warga negara karena
tersedianya akses informasi, pelayanan yang modern, antar lembaga pemerintah
dapat berkomunikasi dan kerja lebih efisien dan efektif serta memungkinkan
meningkatkan pendapatan dari pajak.
D. Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari penggunaan E-Government secara menyeluruh mencakup pada:
1. Government to Citizens (Pemerintah ke Masyarakat),
Pemerintah membangun dan menerapkan berbagai aplikasi teknologi informasi untuk
memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat. Contoh : E-KTP
2.
Government to Business (Pemerintah ke Pelaku Usaha), Contohnya
pada proses perizinan pendirian usaha dan investasi, pengadaan lelang oleh
pemerintah, dan kegiatan lain yang membutuhkan informasi secara online bagi
pelaku usaha.
3. Government to Government (Pemerintah ke Pemerintah),
Memperlancar kerjasama antar negara dengan dimudahkannya komunikasi, seperti
kepentingan diplomasi, atau berbagai informasi yang dianggap penting oleh
negara yang satu dan lainnya.
4. Government to Employees (Pemerintah ke Aparatnya), keadaan
internal juga menjadi tempat diterapkannya E-Gov dalam upaya kemudahan
informasi atau akses berbagai tugas/hasil kerja dan lainnya. Contohnya bisa
diumpamakan seperti system KRS online yang diberlakukan di Universitas dimana
Rektorat menjadi Pemerintah dan Dosen serta mahasiswa/i menjadi aparat yang berada
dalam suatu organisasi.
E. Kelebihan dan Kekurangan
E-government :
Kelebihan :
1. Dapat membentuk hubungan interaktif dengan dunia usaha
untuk menghadapi perubahan dan persaingan perdagangan internasional.
2. Dapat membentuk jaringan informasi dan transaksi pelayanan
publik yang berkualitas, cepat, dan terjangkau oleh masyarakat luas.
3. Dapat membentuk mekanisme dan saluran komunikasi dengan
lembaga-lembaga negara serta menyediakan fasilitas dialog publik.
4. Dapat membentuk sistem manajemen dan proses kerja yang
transparan dan efisien memberikan layanan yang lebih baik pada masyarakat.
5. Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui informasi
yang mudah diperoleh.
6. Adanya E-Government diharapkan pelaksaan pemerintah akan
berjalan lebih efisien karena koordinasi pemerintah dapat dilakukan melalui
pemanfaatan teknologi informasi.
Kekurangan :
1.
Kultur berbagi belum ada
2.
Pola pikir masih sederhana (gagap teknologi)
3.
Terbatasnya jumlah server dan sedikitnya software
berlisensi karena mahal
4.
Sumber daya manusia yang handal di bidang TI kurang
5.
Belum terintegrasinya database dan sistem aplikasi secara
menyeluruh
6.
Infrastruktur belum memadai
7.
Tempat akses terbatas
F. Kesimpulan :
E-Government bisa di jadikan tempat atau
fasilitas umpan balik (feedback) bagi masyarakat untuk bertanya dan mengirimkan
kritik dan saran.Misalnya masyarakat dapat melaporkan jalan yang rusak ditempat
tertentu.Hal ini dapat pula ditanggapi oleh kelompok masyarakat yang lain yang
dapat berbagai informasi atau pengalaman mereka dalam mengelolah lingkungan.
E-Government juga merupakan salah satu layanan transaksi yang efisien,yang dapat digunakan sebagai alat untuk mendaftarkan perusahaan,membayar pajak,sampai pelayanan pemilihan umum secara online.
E-Government juga merupakan salah satu layanan transaksi yang efisien,yang dapat digunakan sebagai alat untuk mendaftarkan perusahaan,membayar pajak,sampai pelayanan pemilihan umum secara online.
0 comments:
Post a Comment