Friday 27 January 2017

Cobit 5


COBIT versi 5 atau dikenal dengan nama COBIT 5 adalah edisi terbaru dari Framework COBIT ISACA yang menyediakan penjabaran bisnis secara end-to-end dari tatakelola teknologi informasi perusahaan untuk menggambarkan peran utama dari informasi dan teknologi dalam menciptakan nilai perusahaan.
COBIT 5 adalah sebuah versi pembaharuan yang menyatukan cara berpikir yang mutakhir di dalam teknik-teknik dan tata kelola TI perusahaan. Menyediakan prinsip-prinsip, praktek-praktek, alat-alat analisa yang telah diterima secara umum untuk meningkatkan kepercayaan dan nilai sistem-sistem informasi. COBIT 5 dibangun berdasarkan pengembangan dari COBIT 4.1 dengan mengintegrasikan Val IT dan Risk IT dari ISACA, ITIL, dan standar-standar yang relevan dari ISO.
Cobit 5 didasarkan pada 5 prinsip kunci tatakelola dan manajemen TI perusahaan yaitu :
1.   Pemenuhan kebutuhan Stakeholder
2.   Melindungi titik-titik penting perusahaan
3.   Penggunaan sebuah framework terintegrasi
4.   Memungkinkan pendekatan secara holistik
5.   Meminsahkan tatakelola dengan manajemen

COBIT 5 mendeskripsikan 7 kategori yang berperan sebagai penggerak yaitu :

1.   Prinsip-prinsip, kebijakan-kebijakan, dan framework, adalah sarana untuk menerjemahkan tingkah laku yang diinginkan ke dalam petunjuk praktek untuk pelaksanaan manajemen harian.
2.   Proses, menjelaskan kumpulan terorganisasi dari praktek-praktek  dan aktifitas-aktiftas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dan menghasilkan sekumpulan keluaran di dalam dukungan pencapaian seluruh sasaran TI
3.   Struktur organisasi, entitas pembuatan keputusan kunci di dalam perusahaan
4.   Budaya, etika, dan tingkah laku, merupakan kebiasaan dari individu dan perusahaan yang sering dianggap sebagai faktor penghambat kesuksesan di dalam aktifitas tatakelola dan manajemen.
5.   Informasi, adalah sebuah kebutuhan untuk memastikan agar organisasi tetap berjalan dan dapat dikelola dengan baik. Tetapi di tingkat operasional, informasi seringnya digunakan sebagai hasil dari proses perusahaan
6.   Layanan, infrastruktur dan aplikasi, menyediakan layanan dan proses teknologi informasi bagi perusahaan
7.   Orang, keterampilan dan kemampuan, dibutuhkan untuk menyelesaikan semua aktifitas dan membuat keputusan yang tepat serta mengambil aksi-aksi perbaikan.

Informasi
Informasi adalah sumber daya kunci bagi semua perusahaan. Diciptakan, digunakan, disimpan, ditampilkan, dan dihancurkan dengan menggunakan teknologi sebagai pemeran kuncinya. Teknologi menjadi bagian dari seluruh aspek bisnis dan individu.

Manfaat Bagi Perusahaan
Memudahkan pemeliharaan kualitas informasi untuk mendukung keputusan bisnis. Menghasilkan nilai bisnis dari investasi yang digerakkan TI. Pencapaian sasaran strategis dan mendapatkan manfaat-manfaat bisnis penggunaan TI yang efektif dan inovatif. Pencapaian keunggulan operasional melalui teknologi aplikasi yang dapat diandalkan dan efisien. Memelihara risiko-risiko TI untuk mencapai tingkat yang dapat diterima. Mampu mengoptimalkan biaya layanan dan teknologi TI.

Nilai Bagi Stakeholder
Nilai bagi stakeholder didapatkan melalui tatakelola dan manajemen aset TI yang baik. Dewan komisaris, pimpinan eksekutif dan manajemen harus menganggap dan memperlakukan TI seperti bagian penting lainnya dari bisnis. Hukum eksternal, regulasi, dan peningkatan kebutuhan pemenuhan kontrak berhubungan dengan penggunaan informasi dan teknologi oleh perusahaan. Jika tidak terpenuhi, maka hal ini dapat mengancam nilai stakeholder. Jadi semuanya harus legal dan sesuai dengan kontrak. Cobit 5 menyediakan  sebuah framework yang komprehensif yang membantu perusahaan untuk mencapai sasarannya dan menyampaikan nilai melalui tatakelola dan manajemen TI perusahaan.

source

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com